Gelapkan Uang Rp 60 Juta, Oknum PNS Nginap Di Sel

WhatsApp Image 2019-02-05 at 00.13.22

PERBAUNGAN.Tribratanewsressergai.com – Seorang oknum PNS terpaksa digelandang petugas Polsek Perbaungan lantaran menipu korbannya untuk masuk sebagai PNS di Polda Sumut. IWS (41) Oknum PNS yang menetap di Lingkungan I Kel. Tualang, Kec.Perbaungan, Kab.Serdang Bedagai, diciduk petugas dari rumahnya, (2/2/2019).

Alih alih masuk menjadi PNS, si korban, Suwanda Marpaung (39) warga Dusun III Desa Deli Muda Hilir, Kec.Perbaungan itu malah tertipu sampai Rp.60 juta.Menyadari dirinya telah menjadi korban, Marpaung melaporkan nya ke Polsek Perbaungan sesuai LP/261/XI/2018/SU/RES SERGAI/ Perbaungan,  Tanggal 22 November 2018.

Informasi yang diperoleh, awalnya, isteri korban, Serepina Br Panggabean (36) bertemu dengan tersangka di Bus dalam perjalanan mereka menuju pulang ke Perbaungan.Pada saat itu tersangka mengatakan bahwa ada penerimaan PNS di Polda Sumatera Utara.Korban pun ditawari tersebut tersangka  dengan mengatakan “kalau ada famili yang berminat bisa ku bantu ini ada yang ngurus dari Mabes Polri” dan selanjutnya setelah isteri korban tawaran itu disampaikan kepada korban.

Pucuk dicinta ulama pun tiba, korban  ternyata berminat, dan meminta kepada isteri nya agar tersangka datang kerumah dan menceritakan tentang penerimaan CPNS Polda Sumatera Utara tersebut.

Singkat cerita,  tanggal 8 Juni 2018 pukul 17.00 WIB, tersangka pun datang ke rumah korban. Kepada pasangan suami-istri itu, tersangka mengimingi bahwa “ini ada penerimaan CPNS di Polda Sumatera Utara , kalau kau mau dananya seratus dua puluh juta, ini yang ngurus Polisi dari Mabes Polri, udah bayak yang diurus masuk semua, kalau kau mau biar kubilang sama dia” namun pada saat itu korban mengatakan “ya kupikir-pikir lah dulu bang”.

Merasa tertarik, selanjutnya pada tanggal 9 Juni 2018 pukul 18.00 Wib korban datang kerumah tersangka sambil meminta untuk di urus. “bang akau mau lah bang CPNS yang di Polda Sumatera Utara yang abang bilang itu, tolonglah abang bantu aku, namun uang ku baru ada lima belas juta dulu ini bang, kalau abang mau besok aku antar uangnya” kata korban pada waktu itu.

Tersangka pun mengatakan  “yaudah gak apa-apa dana pertama cuma enam puluh juta itu untuk pengurusan di Polda Sumut dan nanti setelah SK keluar baru enam puluh juta lagi”. Dan keesokan harinya korban datang kembali kerumah Iwan dan menyerahkan uang senilai Rp. 15 juta.Tersangka pun dengan leluasa menguras duit korban dengan modus masuk PNS Poldasu.Sampai akhirnya lunas sebanyak Rp.60 juta.

Dan tak lupa tersangka pada waktu menerima  uang pelunasan mengatakan kepada korban kepada korban “tenanglah kau ini nasibmulah jadi PNS di Polda SUMUT ini” .

Akan tetapi harapan untuk menjadi PNS Poldasu buyar setelah ditunggu tunggu Tidak ada kabar dari tersangka. Merasa ditipu korban melaporkan ke Polsek Perbaungan. Kemudian untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, team opsnal yang dipimpin oleh Kanit Reskrim, IPDA Barito Siregar mengamankan tersangka dan barang bukti ke Polsek Perbaungan.

“Modusnya dapat membantu serta mengurus supaya masuk dan bekerja sebagai PNS di Polda Sumut, dari tersangka disita barang bukti,  5 selip transfer bank, 1 lembar kuitansi dan selembar surat pernyataan.Tersangka dijerat pasal 378 atau 372 dari KUHPidana,” Kata Kapolsek Perbaungan AKP Gandhi Hutagaol.(Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *